30 August 2009

Doa bagi pasangan suami-istri (pasutri) yang sukar memperoleh keturunan

Setiap manusia wajib sadar - siapapun dia, sehebat apapun - memiliki keterbatasan. Hanya Allah Subhana WaTa'ala, yang memiliki segala kemampuan tanpa batas. Oleh karena itu, seseorang wajib berusaha, dan perlu diiringi dengan doa kepadaNya. Dalam hubungannya dengan ikhtiar sepasang suami-istri yang sukar atau belum berhasil hamil untuk memiliki keturunan, ada baiknya memanjatkan doa dan menghayati ayat-ayat di dalam Kitab Suci Al-Qur’an; antara lain:

  • Surat Ali Imran, ayat 40 (doa untuk istri yang sukar hamil):
    “Zakariya berkata: ‘Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan istriku pun seorang yang mandul?’ Berfirman Allah: ‘Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikendakiNya’.”
  • Surat Ali 'Imran, dan 41 (doa seorang ayah untuk istrinya yang sedang hamil):
    “Berkata Zakariya: ‘Berilah aku suatu tanda (bahwa istriku telah mengandung). Allah berfirman: ‘Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari’.”
  • Surat Ali 'Imran, ayat 35 (doa seorang ayah untuk istrinya yang sedang hamil):
    “(Ingatlah), ketika istri Imran berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari-padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui’.”
  • Surat Ali 'Imran, ayat 36 (doa ibu untuk anak yang lahir):
    “Maka tatkala isteri Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuk anaknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk’.”
  • Surat Ali 'Imran, ayat 38 (doa untuk anak agar menjadi anak yang baik):
    “Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: ‘Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa’.”

4 comments:

Contact me : atiek_kla10@yahoo.com said...

Terima kasih Dokter,

Ny Koes said...

maaf dok,,setau saya, doa pertama n kedua itu dr surat Maryam

T.Z. Jacoeb said...
This comment has been removed by a blog administrator.
T.Z. Jacoeb said...

Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Bapak Koesoemo Widodo atas asupan yang sangat berharga untuk menambah lagi wawasan bagi saya untuk mencari dan menambahkan ayat-ayat lain yang serupa. Memang benar adanya bahwa di dalam Al-Qur'an dan Terjemahya terbitan An Nur kita dapat baca di halaman 243 di Surat ke-19 (Surat Maryam) ayat 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Saya akan salin di Blog ini